Selasa, 08 Maret 2016

Pelantikan Pramuka SMP Labschool Jakarta 2016

Pada hari Sabtu,27 Februari 2016, murid-murid kelas 7 melaksanakan pelantikan Pramuka Penggalang di daerah Depok, tepatnya di Studio Alam TVRI. Kami berangkat dari Labschool menggunakan tronton. Satu tronton berisi 4 regu. Kami menikmati perjalanan dengan berbincang-bincang dengan teman-teman. Perjalanannya tidak terlalu lama.

Sesampainya di sana,kami langsung turun dari tronton dan menuju ke lapangan utama. Di lapangan, kami berbaris sesuai regu. Setelah itu, ketua regu diberi arahan oleh kakak pelatih dan pembina Pramuka. Kemudian setelah ketua regu balik ke regunya masing-masing, mereka mengarahkan anggotanya agar menyiapkan barang-barang,yaitu : buku SKU,bendera semaphore,pulpen,tali,dan minuman. Barang-barang itu akan digunakan saat acara wide games. Kemudian kami diberi soal-soal yang harus dijawab oleh setiap regu untuk dapat memulai acara wide games. Setelah kami menyelesaikan soal-soal tersebut, kami mengumpulkannya lalu nama regu kami dipanggil untuk memulai acara wide games.

Setelah itu,kami langsung memulai acara wide games. Kami berjalan mengikuti arah yang ditunjukkan oleh pita merah yang diikat di pohon. Saat kami sampai di pos pertama, kami langsung melapor kepada kakak penjaga pos. Di sini, kami harus menyebutkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma, serta kami juga harus menyebutkan cara pengamalan Dasa Darma. Lalu kami meminta tanda tangan kakak penjaga pos agar dapat melanjutkan perjalanan.

Selanjutnya kami berjalan menuju ke pos berikutnya, yaitu pos dua. Setelah kami melapor di pos kedua, kami harus menunjukkan huruf-huruf dengan bendera semaphore dari A sampai Z, kami juga harus dapat menyebutkan arti kalimat yang ditunjukkan oleh kakak penjaga pos dengan bendera semaphore. Setelah kami dapat melakukan itu semua, kami meminta tanda tangan agar dapat menuju ke pos tiga.

Di pos tiga, setelah kami melapor, kakak penjaga pos memberi arahan kepada kami untuk membuat tandu menggunakan tali dan bambu yang sudah disediakan. Setelah itu, kami langsung menaruh tongkat dan barang-barang yang lain di bawah pohon. Kemudian kami mulai membuat tandu dengan menggunakan dua teknik simpul tali temali, yaitu simpul pangkal dan simpul jangkar. Setelah itu,kami mencoba mengangkat salah satu anggota regu yang menjadi korban untuk menguji kekuatan tandu tersebut. Kemudian kami meminta tanda tangan ke kakak penjaga pos.

Kami langsung menuju ke pos empat. Letak pos tiga dan pos empat sangat dekat. Kegiatan di pos empat ini adalah mengangkat korban menggunakan tandu yang tadi sudah dibuat di lintasan yang sudah disusun oleh kakak-kakak panitia dari garis mulai sampai garis akhir. Kami harus sangat berhati-hati saat melakukan kegiatan di pos ini. Setelah itu, kami meminta tanda tangan ke kakak penjaga pos.

         Kemudian kami menuju kembali ke lapangan utama. Di sini, kami harus melakukan PBB sesuai perintah yang diberikan. Setelah itu, kami diberi arahan tentang kegiatan selanjutnya. Lalu kami harus mengumpulkan buku SKU kami ke kakak panitia untuk ditandatangani agar kami dapat dilantik. Kemudian kami diberi soal tentang sandi-sandi Pramuka dan morse. Setelah kami mengumpulkan soal tersebut ke kakak panita,kami berbincang-bincang sambil menunggu  regu lainnya.

      Setelah waktu sholat,kami melaksanakan makan siang. Kami makan siang dengan menggelar tikar di lapangan utama. Kami memakan bekal  yang sudah kami bawa dari rumah. Setelah itu,kami melipat tikar dan beristirahat sejenak. Kami berjalan-jalan di sekitar lapangan utama.

           Kemudian kami latihan upacara pelantikan. Setelah berlatih,kami melaksanakan upacara pelantikan. Pada saat upacara pelantikan ini, dilakukan pembagian nomor gudep. Kemudian acara ditutup oleh penampilan senam semaphore. Lalu kami ke tronton dan kembali ke Labschool.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar