Senin, 17 Oktober 2016

Pengalaman Mengikuti PTS di SMP Labschool Jakarta



Pada tanggal 3 Oktober 2016 – 7 Oktober 2016, saya mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS). Ini adalah pengalaman PTS pertama saya saat duduk di bangku kelas 8. Saya ditempatkan di ruang 20. Di ruang tersebut berisi sebagian murid 8G dan sebagian murid 7G. Ada 10 mata pelajaran yang diujikan di PTS ini, yaitu Bahasa Indonesia, Agama, Matematika, Prakarya, Bahasa Inggris, PKN, IPA, Seni Budaya, IPS, dan PJOK. PTS ini menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer) dan diperiksa menggunakan mesin scanner.
Pada hari Senin, tanggal 3 Oktober 2016, adalah PTS hari pertama, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan Agama. Saya baru belajar untuk mata pelajaran ini hari Sabtu dan Minggu. Meskipun agak mepet, saya merasa cukup siap untuk ujian tersebut.
Saya sampai di sekolah sekitar pukul 06.20. Saat saya masuk ke sekolah, saya melihat banyak sekali anak-anak yang sedang belajar agar materi yang sudah dipelajari dapat lebih matang. Ya, ini memang merupakan kebiasaan murid-murid Labschool setiap pagi. Begitu pun juga saat istirahat. Saya juga belajar kembali bersama teman-teman.
Setelah bel berbunyi, kami semua berkumpul di Hallma SMP Labschool Jakarta untuk berdoa dan guru-guru juga akan memberi arahan. Setelah itu, kami semua diperbolehkan untuk masuk ke ruang ujian kami masing-masing. Mata pelajaran pertama, yaitu Bahasa Indonesia, dilaksanakan selama 2 jam dari pukul 07.30 – 09.00. Materi PTS Bahasa Indonesia untuk kelas 8 adalah puisi, teks fabel, dan teks berita.
Setelah selesai mengerjakan soal-soal, kami semua istirahat. Saat istirahat, kami makan dan belajar untuk mata pelajaran selanjutnya, yaitu Agama. Saat bel berbunyi, kami semua segera masuk ke dalam ruang tes dan mengerjakan soal-soal PTS Agama. PTS Agama berlangsung selama 90 menit dari pukul 10.00 – 11.30. Setelah selesai, kami diperbolehkan pulang untuk istirahat dan belajar.
Hari kedua PTS, yaitu hari Selasa, 4 Oktober 2016. Mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika dan Prakarya. Kegiatan pagi hari berlangsung seperti biasanya, siswa-siswa belajar kembali agar lebih siap. Pelajaran Matematika dilaksanakan selama 2 jam, dari pukul 07.30-09.30. Materinya adalah Faktorisasi Aljabar dan Teorema Phytagoras. Pelajaran kedua adalah Prakarya. Materinya adalah limbah organik dan anorganik. Waktu untuk mengerjakan soal-soal PTS Prakarya adalah 90 menit dari pukul 10.00-11.30.
Hari Rabu, 5 Oktober 2016, hari ketiga PTS. Mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Inggris dan PKN. Bahasa Inggris dilaksanakan dari pukul 07.30-09.30. Jadi waktu untuk pengerjaan soal ini adalah 2 jam. Materi PTS Bahasa Inggris adalah Module 1 dan 2. Pelajaran kedua, yaitu pelajaran PKN. Materi PTS PKN adalah Pancasila dan Kedaulatan Negara. Waktu yang diberikan untuk pengerjaan soal PKN ini adalah 90 menit dari pukul 10.00-11.30.
Hari keempat PTS, Kamis, 6 Oktober 2016. Mata pelajaran yang diujiikan adalah IPA dan Seni Budaya. Mata pelajaran pertama, IPA, dilaksanakan selama 2 jam dari pukul 07.30-09.30. Materi IPA Fisika adalah gerak dan gaya, sedangkan materi IPA Biologi adalah alat gerak hewan & manusia. Mata pelajaran selanjutnya, yaitu Seni Budaya yang dilaksanakan selama 90 menit.
Hari terkahir PTS, Jumat, 7 Oktober 2016. Mata pelajaran yang diujikan adalah IPS dan PJOK. Mata pelajaran IPS dilaksanakan selama 90 menit. Materinya adalah iklim dan ASEAN. Sedangkan materi PJOK adalah lari jarak menengah, atletik, seks bebas, dan bola tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar